Setiap wanita itu cantik,,,cantik tdk hnya fisik saja tetapi cantik hati jga,,tetapi smua.wanita menginginkan dirinya indah dan cantik karena hal itu merupakan fitrah.kecantikan fisik memang seharusnya dibarengi dengan kecantikan hati karena kecantikan itu akan kurang sempurna tanpa ada keduanya.tetapi dalam hal ini kecantikan hati adalah yang lebih diutamakan.kecantikan hati berhubungan dengan pribadi yang menunjukkan sebagai wanita yang baik dan tidak menimbulkan sesuatu yang membuat dirinya dan orang lain hancur.Percuma saja cantik fisik tetapi perilakunya dapat menimbulkan masalah bagi dirinya sendiri dan orang lain.Wanita yang biasa saja tetapi mempunyai kecantikan hati maka kehadirannya akan sangat dirasakan,ucapannya menyenangkan dan wawasannya luas.

Dalam Islam, Kecantikan hakiki dan ideal adalah kecantikan yang bersumber pada dimensi ilahiah (hati) .Bagi muslimah dan mukminah sejati keinginan tuk menjadi cantik bak bidadari syurga merupakan dambaan dan keinginan yang terperi. Dambaan tuk menjadi wanita cantik nan anggun yang menjadi incaran dan simpanan bagi hamba-hamba Allah yang shalih dan Islam memandang puncak kecantikan wanita berbanding lurus dengan tingkat ketundukan dan kepasrahannya pada Allah SWT.
Rasulullah Shalallahu alaihi Wa Salam bersabda: “Ketahuilah, di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik maka baik pulalah seluruh tubuh. Dan apabila ia rusak maka rusak pulalah seluruh tubuh. Ketahuilah itu adalah hati. (HR Bukhari dan Muslim) .Ketika seorang muslimah yang shalihah, memahami akan hakikat kehidupan di dunia, dan ketika hatinya digenangi oleh keimanan dan makrifat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala, dalam memurnikan ibadah hanya untuk-Nya semata, hatinya selalu takut dan terikat dengan Rabb-Nya, mentaati-Nya dalam keadaan sendirian ataupun dihadapan banyak manusia. Dan sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan amalan hamba-hamba-Nya.Dan sungguh jika seorang muslimah menghiasi dirinya dengan pakaian sabar, istiqamah,qana’ah, maka insya Allah tempat terpuji akan menuggu kita ,yaitu syurgaNya.
Itulah hakikat cantik dalam Islam,
Maka bila kini kita telah tersadar utuk mempercantik diri secara lahiriyah, mempercantiknya dengan busana dan polesan kulit yg sesuai aturan Allah, maka mari kita sadarkan diri kita
untuk mempercantik batiniyah kita dengan sabar, tawakal, lebih dekat dg Allah SWT
maka dengan sendirinya akan lahirlah amalan yg akan menampakkan kecantikan dari dalam (inner beauty) amalan yg juga di ridhoi Allah SWT.